Bimbingan Konseling dan Hambatan Kepercayaan Diri Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar MTs Putri Al-Ishlahuddiny

Authors

  • Emha Zainul STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Author
  • Yolanda Safitri STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat Author
  • Tri Panca Titis Arbiansyah Fakultas Psikologi Universitas Borobudur Author

Keywords:

Guidance Counseling Method, Self-Confidence, Learning Motivation

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan konseling dan hambatan rasa percaya diri terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MTS putri Al- Ishlahuddiny. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah percaya diri sebagai variabel independen dan motivasi belajar sebagai variabel dependen. Desain penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengkajian permasalahan yaitu metode bimbingan konseling dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam dalam motivasi belajar di MTS putri Al-Ishlahuddiny. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Metode bimbingan konseling memakai 3 bentuk yaitu bimbingan kelompok, metode konseling dan metode elektik. Hambatan yaitu adanya rasa malas, pengetahuan dan pendidikan kurang serta gugup dan gagap dalam menghadapi segala sesuatu hal yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2024-07-12

How to Cite

Bimbingan Konseling dan Hambatan Kepercayaan Diri Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar MTs Putri Al-Ishlahuddiny. (2024). Al-Ihsan: Journal of Islamic Guidence and Counseling, 1(1). https://e-journal.stidmustafaibrahim.ac.id/index.php/al-ihsan/article/view/35