Bimbingan Konseling dan Hambatan Kepercayaan Diri Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar MTs Putri Al-Ishlahuddiny
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan konseling dan hambatan rasa percaya diri terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MTS putri Al- Ishlahuddiny. Variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah percaya diri sebagai variabel independen dan motivasi belajar sebagai variabel dependen. Desain penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Pengkajian permasalahan yaitu metode bimbingan konseling dan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam dalam motivasi belajar di MTS putri Al-Ishlahuddiny. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Metode bimbingan konseling memakai 3 bentuk yaitu bimbingan kelompok, metode konseling dan metode elektik. Hambatan yaitu adanya rasa malas, pengetahuan dan pendidikan kurang serta gugup dan gagap dalam menghadapi segala sesuatu hal yang baru.
Article Details
Section
References
Afriani, Winda. “Kontribusi Tingkat Percaya Diri Terhadap Tingkat Pencapaian Tugas Perkembangan Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017,” 2017.
Harahap, Ade Chita Putri, Siti Rahmadanti Siregar, Wirda Selvya Tambunan, Yolanda Putri Dalimunthe, and Yunita Arbaini Hutabarat. “Peran Layanan BK Dalam Membantu Siswa Belajar Di Masa Pandemi Covid-19.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (January 7, 2023): 258–63. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2413.
Hardianti, Eka. “Motivasi Cadar Oleh Santriwati Ponpes Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat (Studi Kasus Di Ponpes Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat),” 2022.
Marsudi, Muhammad Sholeh, and Imas Kania Rahman. “Bimbingan Dan Konseling Islam Reality Therapy Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Edutainment 6, no. 1 (July 28, 2018): 31–47. https://doi.org/10.35438/e.v6i1.42.
Perdana, Fani Juliyanto. “Pentingnya Kepercayaan Diri Dan Motivasi Sosial Dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar.” Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 8, no. 2 (2019).
Sari Azmatul, Khairiah, Yeni Karneli, and Prayitno Prayitni. “Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah.” Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 3, no. 1 (January 26, 2021): 36–49. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i1.117.
Sugiyono. Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). 24th ed. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tanjung, Zulfriadi, and Sinta Amelia. “Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 2, no. 2 (July 30, 2017): 1–5. https://doi.org/10.29210/3003205000.
Tohirin. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah Berbasis Integrasi. 7th ed. Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada, 2015.
Yanti, Fitri. “Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pada Man 2 Tanah Datar.” IAIN Batusangkar, 2021.